Saturday, 26 October 2013

Perjalanan Dari Kota Balikpapan Menuju Pulau Wanci / Wangi - Wangi (Wakatobi)

Perjalanan dari kota Balikpapan menuju pulau Wanci / Wangi - Wangi (Wakatobi) sangat menyenangkan sekali. Pulau Wanci / Wangi - Wangi adalah salah satu dari kepulauan Wakatobi, Pulau Wanci / Wangi - Wangi adalah Pulau karang yang sangat luas, menurut beberapa sumber Pulau Wanci / Wangi - Wangi adalah Karang besar yang berbentuk seperti Jamur besar. mulai dari pinggir pulau sampai atas gunung hampir semuanya terdiri dari karang.
Kenapa juga disebut Wangi - Wangi, menurut cerita orang tua, dahulu kali ketika memasuki pulau Wanci akan tercium bau Wangi, nah makanya disebut juga Wangi - Wangi.
WAKATOBI adalah singkatan dari beberapa pulau yaitu Wanci / Wangi - Wangi | Kaledupa | Tomia | Binongko, semuanya adalah pulau yang sangat indah dipandang.

Dari kota Balikpapan menuju pulau Wanci / Wangi - Wangi, yang kebetulan ada urusan keluarga terkait keperluan Tunjangan Veteran Pejuang Kota Sanga - Sanga yang diharuskan saya menemani ibu saya untuk ke rumah nenek saya yang ada di Wanci untuk minta tanda jempol surat kuasa dan lainnya yang dipersyaratkan oleh Bupati Kutai Kartanegara.
Sebelumnya saya perkenalkan dulu almarhum Kakek saya Letnan Satu La Hasan sang pejuang Kota Sanga - Sanga yang telah merobek Bendera Belanda (yang warna Birunya) dan Bendera tersebut salah satu Bendera pusaka yang dimiliki oleh Negara Indonesia, yang belum tau silahkan Cek di Mbah Google, Walaupun Sejarahnya tidak sesuai, dan ada yang mengaku sebagai Kakek dan Nenek bahkan Ibu saya, keluarga kami tidak punya kekuatan untuk meluruskannya, ya sudahlah, sudah akhir Zaman :)

Ok, lanjut ke cerita perjalanan dari kota Balikpapan menuju pulau Wanci / Wangi - Wangi (Wakatobi)
Dimulai dari Pelabuhan Semayang Balikpapan.
Berangkat Jam 10 Malam Tgl 18 - September - 2013, saya bersama ibu saya naik KM Bukit Siguntang, harga tiket Kelas Ekonomi Rp. 262.000 untuk satu orang .

Karena begitu banyaknya penumpang dari Nunukan dan Tarakan, kami kesulitan mencari tempat tidur, untung saja ada orang baik yang mau membagi tempat tidurnya walaupun cuman satu, yang penting ibu saya bisa tidur, saya sih masih bisa tahan tidur tapi  akhirnya tidur juga walaupun sambil duduk, he he he maklum namanya juga kelas ekonomi yang suasananya luar biasa kaya pasar.
Waktu Sholat subuh telah tiba, biarpun berlayar di laut Sholat tetap dijalankan walaupun berdiri aja sedikit susah, maklum lagi musim angin selatan jadi perairan Balikpapan ke Makasar berombak, lumayan seru juga, he he he
Berikut foto tempat tidur kelas ekonomi.
Video Tempat Tidur Kelas Ekonomi KM Bukit Siguntang : Video1  Video2

Menjelang Pagi, tiba saatnya mengambil sarapan, malah antri, untuk kami bawa bekal, kadang ada juga ABK yang jualan makanan sambil keliling.
Perut sudah kenyang, jalan-jalan keluar sambil foto pemandangan.
Video diatas KM Bukit Siguntang : Video1 Video2 Video3

Sekitar Jam 1 Siang Tgl 19 - September - 2013, tiba di Pelabuhan Nusantara ParePare

Setelah penumpang kosong pada turun semua di Pelabuhan Nusantara ParePare, akhirnya dapat tempat tidur juga, yang sebelumnya keliling dulu cari penumpang yang akan turun di Pelabuhan ParePare, jadi tempat tidurnya sudah saya tandai.
Gak lama - lama Kapal berlabuh di Pelabuhan Nusantara ParePare, Kapal bersiap berangkat ke Pelabuhan Soekarno-Hatta Makasar, lama perjalanan kira - kira 6 jam.
Setelah menunggu sekitar 6 jam, akhirnya Kapal tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makasar sekitar Jam 7 Malam Tgl 19 - September - 2013

Cukup lama juga Kapal berlabuh di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makasar, disebabkan banyak muatan keluar masuk. Ya kira - kira sekitar jam 10 Malam kemudian Kapal berangkat menuju Pelabuhan Murhum BauBau, sayang Kapal tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makasar malam hari, jadi malas mau turun untuk jalan - jalan, apalagi pernah ada kejadian ada yang turun kemudian dilarang naik lagi, dikarenakan nama di KTP tidak sesuai dengan nama di Tiket, untung aja dia bisa menjelaskan kesalahan pada saat  pembuatan tiket.

Besok harinya sekitar Jam 11.30 Siang Tgl 20 - September - 2013, menjelang sholat Jum'ad sebenarnya sudah masuk perairan Kota Baubau karena ada pulau yang sudah kelihatan tapi gak tau pulau apa

Persiapan Sholat Jum'at diatas KM Bukit Siguntang
Rasanya sungguh beda, menjadi lebih dekat lagi dengan Allah SWT, menjadi lebih berserah diri memohon perlindungan selama perjalanan laut

Setelah selesai Sholat Jum'at, Alhamdulillah Pelabuhan Murhum Baubau sudah dekat dan kapal siap berlabuh
dan segera bersiap - siap turun kapal dan pindah ke Kapal Kayu dengan tujuan Pulau Wanci / Wangi - Wangi

Kapal kayu denga tujuan pulau Wanci / Wangi - Wangi adalah KM Aksar Saputra, kapal ini ada 4 yang saya tu dan ada juga yang bilang kapal besinya juga ada. Tiket untuk satu orang Rp. 125.000, berangkat Jam 9 malam Tgl 20 - September - 2013, akan tiba di Pelabuhan Wanci Jam 6.30 pagi Tgl 21 - September - 2013.

Lupa mau ambil foto Kapal seluruhnya, tapi saya ada fotonya pada saat saya ke desa Gela - Pulau Taliabu (Maluku Utara), kapal ini luarbiasa hebat dan keren karena cuman kapal ini yang berani berlabuh di pinggir pantai desa gela.

Kapal sudah ada, saatnya cari makan siang dulu keliling Kota BauBau pake Ojek Motor bayar Rp. 5000. beli Ikan Bakar 2 + 2 Nasi + Sayur + Sambal Colo Colo bayar Rp. 50.000, perut sudah terisi, tinggal menunggu kapal berangkat.

Malamnya Kapal Aksar Saputra berangkat dan setelah beberapa jam terombang - ambing sambil tidur, Alhamdulillah setelah selesai Sholat subuh sebentar lagi sampai Pulau Wanci / Wangi - Wangi (Wakatobi).
Foto detik - detik menjelang tiba di Pelabuhan Wanci. Video Menuju Pulau Wanci (Wakatobi)
Video Sunrise (Matahari Terbit) di Pulau Wanci : Video1 Video2

Ketika masuk Pelabuhan Wanci / Wangi - Wangi (Wakatobi), karang sudah mulai terlihat, tapi sayang fotonya cuman menggunakan HP, coba ada Kamera Digital yang bagus pasti bagus banget, Banyak Bintang Laut dan dasar laut yang jernih

 Tiba di Pelabuhan Wanci / Wangi - Wangi (Wakatobi)

Setelah segala urusan Keluarga sudah selesai, santai duduk di depan rumah, datang Adik Sepupu dan Keponakan sambil membawa kaleng keras, saya kira wah nih masih kecil sudah berani ya, wah ternyata kaleng minuman keras tersebut mengeluarkan suara musik cukup kencang, bisa menggunakan Memory Micro Sd dan USB, he he he.
Video Saat Naik Motor di Wanci - Wangi Wangi (Wakatobi)

Sangat disayangkan saya berdua ibu saya cuman 3 hari 2 malam berada di Pulau Wanci / Wangi - Wangi (Wakatobi), tidak sempat Mancing,,mumpung masih ada sehari lagi, saya sempatkan berkeliling Pulau Wanci menggunakan motor dengan Adik Sepupu ke beberapa tempat, walaupun sangat banyak tempat yang bagus, tapi ya yang sempat dikunjungi aja.
Berikut beberapa tempat yang saya kunjungi. 

Cukup satu hari keliling, lumayan jauh juga tapi sayang sekali masih banyak tempat yang belum saya kunjungi. Saatnya pulang kerumah dan besok persiapan pulang kembali ke Kota Balikpapan.
Besoknya coba cek kapal yang akan berangkat ke Kota Baubau, eh ada kapal barang yang tenggelam, menurut warga setempat, kapal tersebut tenggelam tadi malam karna tidak ada yang jaga.

Nah ini dia kapal yang akan berangkat ke Kota Baubau.
KM Aksar Saputra 04 dengan harga Tiket Rp 125.000, sudah naik Rp 25.000

Pelabuhan Wanci di Sore hari

KM Aksar Saputra 04 akan berangkat Jam 9 Malam Tgl 23 - September - 2013, dan akan sampai di Pelabuhan Murhum Baubau sekitar Jam 6 Pagi Tgl 24 - September - 2013. Video Menuju Baubau
Setelah kami sampai di Pelabuhan Murhum Baubau, bersantai dulu diatas kapal karna kapal akan kembali berangkat ke Pelabuhan Wanci Jam 9 malam. untuk kembali ke Kota Balikpapan kali ini saya memilih Kapal Dharma Ferry 3, untuk tiket sudah dibeli dengan Harga Rp 270.000 dan akan berangkat sekitar Jam 10 Pagi Tgl - 24 - September - 2013.

Karena masih ada waktu beberapa jam sebelum kapal berangkat ke Pelabuhan Semayang Balikpapan, sempat foto - foto beberapa lokasi Pelabuhan BauBau yang air lautnya masih jernih, ikannya banyak terdiri dari beberapa jenis yang sering saya lihat di pasar pada umumnya, seperti : Ikan Biji Nangka, Ikan Selar, Ikan Baronang, Ikan Trakulu / Ikan Kuwe / biasa juga disebut Giant Trevally. Sayang cuman modal HP Nokia E72, jadi yang bisa di foto aja.

Yang ini lumayan jelas, ada Ikan Selar, Ikan Baronang, Ikan Belang, Video Di Pinggir Pelabuhan Murhum Baubau

Sudah Jam 9.30, Kapal Dharma Ferry 3 akan segera berangkat ke Pelabuhan Semayang Balikpapan.
Dari pada antri dipintu masuk, lebih baik sewa gerobak Rp 25.000 dan Sewa Buruh Rp 50.000, bisa langsung masuk Kapal, he he he

Sudah diatas Kapal Dharma Ferry 3

Akhirnya Kapal Dharma Ferry 3 telah berangkat, perjalanan memakan waktu 3 hari dan akan singgah di Pelabuhan Soekarnp-Hatta Makasar, akan sampai di Pelabuhan Semayang Balikpapan Tgl 26 - September - 2013 Jam 10.30

Ketika sampai di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makasar

Besok harinya Kota Balikpapan sudah mulai kelihatan. Video Menuju Kota Balikpapan

Pelabuhan Semayang Balikpapan sudah kelihatan dan juga dengan Pulau Tukung

Kapal sudah sandar di Pelabuhan Semayang Balikpapan.
Sewa buruh Rp 50.000 untuk bawakan barang dan naik Angkot Rp 70.000 langung sampai depan rumah, mahal memang Angkot di Pelabuhan , sebenarnya masih bisa kurang, tapi tidak langsung berangkat, karna masih menunggu penumpang lain, dari pada kelamaan, langsung bayar dan Alhamdulilah sudah sampai di Rumah.

No comments:

Post a comment