Monday, 4 November 2013

Memancing di Laut Balikpapan

Memancing atau dalam Bhs Inggrisnya Fishing, adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, bahkan sebagian besar orang, menjadikannya sebuah Hobi atau Kegemaran. Dari yang Tua sampai yang Muda, Laki - Laki atau Perempuan pasti sangat suka.
Saya akan menceritakan pengalaman memancing saya dilaut, bersama dengan Kakak dan Temannya menyewa sebuah Kapal Kayu bermesin yang memiliki lebar 2 Meter, lumayan bisa Sholat dikapal, Harga sewa kapalnya 1.200.000, Kami sumbangan, jadi cukup ringan membayarnya.

Umpan yang kami gunakan ada 3 macam, yaitu Ikan Tembang, Cumi - Cumi dan Udang, yang paling saya suka adalah Cumi - Cumi, karena tidak mudah habis.
Saya berdua dengan kakak saya tidak menggunakan Joran Pancing, kami hanya memakai Gulungan Tal Pancing yang besardan sarung tangan supaya tangan tidak lecet.

Memancing dilaut harus menggunakan Pemberat yang besar, supaya cepat sampai dasar, apalagi jika arus laut sedang deras, jika menggunakan pemberat yang kecil kemungkinan susah sampai dasar, malah tali pancing bisa habis karna terseret arus bawah air laut, jangan lupa juga menggunakan ukuran Tali Pancing yang besar, ya sekitar nomor 80, keuntungannya tali tidak mudah kusut, kuat dan tangan tidak sakit saat menariknya.

Kapal sudah siap, saatnya berangkat ke Spot Memancing, lumayan juga perjalanan, sekitar 2 Jam Lebih dan berangkat jam 6 Pagi, sampai di Spot Memancing skitar jam 8.30 Pagi. Bersantai diatas kapal sambil menikmati pemandangan diatas laut. Ada segerombolan Ikan Lumba - Lumba, sampai lupa mau foto, apalagi dilaut lagi Hujan. tapi lumayan sempat juga foto pemandangan. Video Menuju Spot Mancing

Sebagian tempat dilaut sedang Hujan

Ada Pelangi di Laut



Akhirnya sudah sampai, tapi sayang bilang pemngemudi kapal yang kebetulan yang punya kapal, Rompongnya / Spot Memancing dicabut orang, infonya sih kemungkinan dicabut sama Kapal Patroli, masih dicoba cari posisinya, dengan modal GPS (Global Positioning System), semoga dapat, setelah mencari akhirnya sampai dan semoga posisinya tepat, Oke saatnya memenacing.

Tidak sempat foto, mau konsenterasi memancing,,,
Tangkapan pertama masih kecil, ada yang aneh, dimulut ikan kecil yang didapat ada Kepiting Kecil yang mirip dengan Kepiting Ophelia.
yang belum tau nih Foto Kepitingnya, saya ambil di Google.

Wah, ternyata di Laut Balikpapan ada juga nih Kepiting Ophelia, pernah juga sih Ibuku bilang, bahwa kepiting tersebut ada di Laut Pulau Wanci (Wakatobi).

Setelah menunggu, Tali Pancing terasa ada yang menyentuh pelan sekali, (jika memancing di Laut dalam, pasti terasa pelan dan kecil sekali patukan Ikan, Padahal Ikan Besar itu). Langsung saja saya Tarik, Mantapz, sangat berat tarikannya, apalagi kedalaman Laut sekitar 100 - 150 meter lebih, setelah lumayan lama kutarik, akhirnya ikan mulai kelihatan. Mantapz dapat Ikan Kakap Merah, targetku tercapai, puas rasanya. Teman - teman juga pada sibuk memancing, lumayan banyak juga hasilnya.

Sudah Jam 4 Sore, Waktunya pulang. Video Pulang Dari Spot Mancing
Sampai di darat kemungkinan sekitar jam 6 Sore,

Sambil Kapal menuju darat, Ikan hasil pancingan dibagi - bagi dulu

Selesai membagi hasil Ikan Pancingan, Kota Balikpapan sudah Tampak

Menikmati pemandangan Matahari terbenam (Sunset)

Jangkar Kapal Buat sendiri nih, dari Kayu Ulin, Hebat yang punya Kapal

Masih ada yang memancing

Kapal siap bersandar di Dermaga



Sampai dirumah
Foto lagi Hasil ikan pancingan

Ibuku langsung Siangin Ikan (Bersihkan Ikan =>Lepas sisi sampai buang isi perut).
Rencananya akan dimasak =>Ikan Kuah Asam Kuning,,, Mantapz

Alhamdulillah,,,
Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban ( Maka Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu Dustakan)

3 comments: