Sunday, 9 June 2013

Cara Membuat Feedburner

 
FeedBurner merupakan layanan menejemen umpan web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (Management Tools) untuk blogger, podcaster dan aplikasi publikasi lain yang berbasis web. Layanan ini menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih.
FeedBurner memiliki banyak fitur, misalnya pengecekan statistik optimasi feed. Namun kenapa lebih baik menggunakan FeedBurner dibandingkan dengan feed bawaan blog adalah karena FeedBurner lebih cocok dipakai untuk.
  • Mempublikasikan konten dan orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe.
  • Mengoptimalkan pendistribusian feed karena formatnya lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subcriber
  • Pengguna dapat menganalisis traffic yang berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai.
    Sumber : Wikipedia

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa.
  • Risch Site Summary (RSS 0.91)
  • RDF Site Summary (RSS 0.9 dan 1.0)
  • Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal. sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link (tautan) dengan sebuah tombol bertuliskan XML atau RSS. Namun disarankan menggunakan RSS dari pada XML, agar tidak membuat kerancuan (Sebab setiap RSS adalah XML, tapi tidak tiap XML itu RSS). Sumber : Wikipedia

Okey sekarang adalah bagaimana cara membuat FeedBurner.
Kunjungi Link FeedBurner
Login dengan Akun Gmail, Masukan Url blog kemudian klik next,
Centang ( I am a podcaster ) tapi bila blog kamu biasa aja jangan centang.
Podcast adalah file Audio Digital (biasanya dalam bentuk file MP3 atau AAC) yang tersedia untuk didownload di internet lewat RSS 2.0 Feed. Dengan podcast kamu bisa terus uptodate dengan berbagai info menarik dalam bentuk audio digital, jadi tidak membosankan seperti halnya kita membaca sebuah artikel. Sumber : Nesaci

Contoh Penulisan URL
Blogger => http://nijzafashion.blogspot.com/feeds/posts/default/
Wordpress => http://mardian1987islam.wordpress.com/feed/
Sebenarnya sama saja, karna otomatis berubah sendiri jika  blog wordpress tapi penulisannya untuk blogger

Klik next lagi

Pada halam selanjutkan ada pilihan buat nambahan fitur gratis Feedburner stats, lewati saja dulu ntar bisa dilanjutkan nanti. Langsung Klik Skip Directly to Feed Management

Setelah Klik Skip directly to feed management, tampilannya seperti dibawah ini

Untuk melihat URL Feed atau jika ingin merubahnya klik Edit Feed, seperti dibawah ini

Selesai sudah Membuat Feedburner, Selamat mencoba

No comments:

Post a comment